Tuesday, November 22, 2011

Panggung pewayangan


Aku adalah Gareng


Ini adalah panggung pewayangan
Aku, tengah mencari dimana peranku
Mereka bilang aku adalah Gareng
Apakah benar aku Gareng?
Yang buncit dengan kegembiraan
Yang tertawa begitu membahana
Tertawa tanpa ada sisa

Aku tidak mau jadi Gareng!
Tingkahku konyol membuat mereka suka tertawa dan melecehkanku
Mengandai-andai menjadi Yudhistira
Aku akan dipuja-puja mereka tanpa ada yang berani mengataiku
Berusaha aku untuk menjadi Yudhistira yang gagah
Tapi Gareng tetaplah Gareng yang buncit
Namun, akhirnya belajar menerima tentang siapa peranku

Aku adalah Gareng yang selalu ditertawakan
Bukan Yudhistira yang idealis, maupun Sembadra yang jelita
Aku adalah Gareng yang sering ditertawakan dan yang sering merasa ciut
Dan ternyata mereka mengidolakanku karena tingkahku yang membuat terbahak-bahak
Mereka menyukaiku apa adanya!
Aku mempelajari sesuatu dari panggung sandiwara ini
Tak ada yang lebih baik daripada menjadi dirimu sendiri
Meskipun dunia ini adalah panggung yang penuh sandiwara

No comments:

Post a Comment